A.
LATAR BELAKANG
Selanjutnya, silahkan Anda mengisi instrumen Evaluasi Pelaksanaan Diklat tersebut
Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan pendidik dan
Tenaga Kependidikan Bidang Mesin dan Teknik Industri (PPPPTK BMTI) adalah unit
pelaksana teknis di lingkungan Kementerian Pendidikan Nasional. Tugas PPPPTK
BMTI antara lain adalah meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga
kependidikan.
Guna melaksanakan peran dan tanggung jawab di
atas, PPPPTK BMTI telah mencanangkan misi dan tujuan organisasi yang tertuang
dalam rencana strategik lembaga serta bertekad untuk menjadi lembaga bertaraf
internasional dalam mewujudkan pendidik dan tenaga kependidikan yang
profesional.
Dalam merealisasikan tujuan tersebut, diharapkan
kepada segenap jajaran, pimpinan, staf, dan karyawan berupaya semaksimal
mungkin menyelenggarakan peningkatan kompetensi yang berkualitas dengan
pelayanan yang prima. Pelayanan prima perlu dilakukan guna memberi kepuasan
kepada pelanggan melalui langkah-langkah pengembangan, penerapan, dan upaya
perbaikan berkelanjutan. Untuk memenuhi keinginan itu, maka untuk setiap
pelaksanaan peningkatan kompetensi
pendidik dan tenaga kependidikan di PPPPTK BMTI, dilakukan evaluasi pelaksanaan peningkatan kompetensi
oleh Seksi Evaluasi.
B.
PENGERTIAN DAN RUANG LINGKUP
Evaluasi adalah perbandingan antara hasil dan
dampak riil suatu kegiatan dibandingkan dengan perencanaannya.
1. Menunjukkan apa yang harus
dilakukan, apa yang telah dicapai, dan bagaimana mencapainya.
2. Dapat dilakukan ketika
kegiatan berjalan dengan penekanan pada perbaikan strategi atau metode kegiatan
3. Dapat pula dilakukan pada
akhir kegiatan, menggambarkan apa yang dapat dipelajari dari kegiatan yang
telah tuntas dilaksanakan
C.
MENGAPA PERLU ADANYA EVALUASI
Ada beberapa alasan mengapa kita perlu
melakukan evaluasi
1. Pimpinan memerlukan informasi apakah kegiatan
telah mencapai tujuan dan mengarah kepada dampak yang dikehendaki.
2. Membangun transparansi dan akuntabilitas
pelaksanaan kegiatan
3. Memperoleh informasi yang akan dijadikan dasar
yang baik untuk pengambilan keputusan kegiatan selanjutnya.
4. Kegiatan selanjutnya akan dapat direncanakan dan
dikembangkan dengan lebih baik bila ada panduan dan pembelajaran dari kegiatan
yang telah dilakukan.
D.
PETUNJUK PENGISIAN INSTRUMEN
Bapak/Ibu yang terhormat, sebagai bagian dari upaya peningkatan kepuasan peserta diklat, kami mohon untuk mengisi instrumen evaluasi ini secara obyektif. Instrumen evaluasi ini tidak berpengaruh terhadap evaluasi hasil belajar peningkatan kompetensi dan bukan menyatakan benar dan salah. Pengisian dilakukan dengan cara meng-klik pada angka skor yang sesuai dengan tingkat kepuasaan yang DIRASAKAN (D) dan tingkat KEPENTINGAN (K) layanan yang dimaksud dibanding dengan layanan yang lain.
DIRASAKAN (D)
| ||
1
|
:
|
Tidak Baik
|
2
|
:
|
Kurang Baik
|
3
|
:
|
Baik
|
4
|
:
|
Sangat Baik
|
KEPENTINGAN (K)
| ||
1
|
:
|
Tidak Penting
|
2
|
:
|
Kurang Penting
|
3
|
:
|
Penting
|
4
|
:
|
Sangat Penting
|
Selanjutnya, silahkan Anda mengisi instrumen Evaluasi Pelaksanaan Diklat tersebut
dengan mengklik gambar atau link di bawah ini...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar